Selayar, Infowarga.id – Dalam rangka mendorong partisipatif terselenggaranya pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Selayar menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan Pemilihan Partisipatif, yang berlangsung di Gedung PKK, Jl. Karaeng Bonto, Kecamatan Benteng, rabu (21/10/2020).

Kegiatan ini di buka Pimpinan Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan, Syaiful Jihad, S.Ag, M.Ag sekaligus menjadi pemateri yang didampingi Anggota Bawaslu diantaranya Abdul Kadir, ST, dan Anggota Bawaslu Koordif SDM data dan Informasi, Nurul Badriyah.

Juga dihadiri, Sekda Kepulauan Selayar, Dr.Ir H. Marjani Sulthan, M.Si, Kapolres Kepulauan Selayar, AKBP Temmangnganro Machmud, S.IK, MH, Dandim 1415 Selayar, Letkol Kav Ady Priatna, Kejari Kepulauan Selayar, Adi Nuryadin Sucipto, SH, MH, dan undangan lainnya.

Mengawali kegiatan dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dan Mars Bawaslu, dan dilanjutkan dengan pembacaan doa.

Baca Juga:  Kapolsek Bontomatene Pimpin Oprasi Yustisi di Pasar Onto

Ketua panitia, koordinator sekretatiat Bawaslu Kabupaten Kepulauan Selayar, Andi Marwiyah, S.S, M.M, mengatakan, bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan ini agar peserta kegiatan melakukan pengawasan dan juga memahami peraturan perundang undangan yang berlaku pada penyelenggaraan pemilihan dan Wakil Bupati Kepulauan Selayar tahun 2020 sehingga pelaksanaan berjalan berdasarkan asas pemilu yakni langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil, ucapnya.

Sementara, Pimpinan Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan, Syaiful Jihad, dalam sambutanya mengucapkan syukur karena diselayar ini adalah termasuk Daerah yang aman, damai menjelang pilakada.

Menurutnya Kabupaten Selayar adalah Kabupaten bersih. Dan mudah mudahan proses pengawalan demokrasi akan semakin kuat dan berkualitas dengan sinergi yang baik dari semua stekholder dan semua pihak.

“Apa yang tidak teratur dan yang melanggar ketentuan, itu tidak boleh dilakukan, ucapnya.

Selain itu kata Dia, Pelimukada kali ini dilaksanakan ditengah pandemi. Olehnya itu perlu dipastikan dengan segala tahapannya untuk tidak menjadi medium penyebaran covid- 19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Baca Juga:  Kampanye ke Dua BAS di Wilayah Pasimarannu Tetap Kedepankan Protkes

“Penyelenggara KPU dan TPS harus menyiapkan yang menjadi protokol kesehatan sehingga kualitas pemilihan berjalan dengan baik, ” katanya.

Sementara Sekda Kepulauan Selayar mengatakan, bahwa kaitannya dengan Pemilukada ia menggambarkan tentang syarat Negara. Syarat Negara diantaranya harus punya wilayah, harus ada pemerintah, dan harus ada pengakuan dari negara lain.

“Pemerintah memegang peranan penting yang akan membawa rakyatnya menuju cita cita kesejahteraan masyarakat,” ucap Sekda.

Selain itu, kaitannya dengan Pemilukada bahwa ada lima fungsi pemerintah yang harus diembang diantaranya Regulasi, Membangun dengan memberdayakan masyarakatnya, kewajiban pemerintah melayani rakyatnya dan Proteksi atau fungsi perlindungan.

“Untuk mencapai ini semua, harus melahirkan pemimpin baik, berkualitas dan benar dan tentunya bagaimna kita memilih dengan cara baik dan benar.

Baca Juga:  Pemdes Jambuiya Door To Door Ke Rumah warga Salurkan BLT- DD Kepada 54 KK

Olehnya itu Bawaslu harus mengawasi Pemilukada ini dan memastikan pelaksanaan berjalan aman, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Terkahir, Sekda juga menyampaikan apresiasi kepada Bawaslu yang telah menginisiasi kegiatan ini sehingga bisa terlaksana dengan baik, ujarnya.

Terpantau,Rakor pengawasan pemilihan partisipatif yang dilaksanakan Bawaslu ditandai dengan penandatangan Deklarasi tolak dan lawan money politik uang dan politisasi sara dalam pilkada Selayar tahun 2020 berintegritas.

Penandatanganan diawali oleh Sekda Kepulauan Selayar, Dr. Ir. H. Marjani Sulthan, disusul Pimpinan Bawaslu provinsi Sulsel, Kapolres Selayar, Dandim 1415 Selayar, Kejari Kepulauan Selayar, Camat Benteng, Lurah dan Peserta dan Insan Pers.

Rangkaian kegiatan di lanjutkan dengan pemberian materi dan sesi tanya jawab (Sya)

By Syahrul

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: