Selayar, Infowarga. id – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar melaksanakan Sosialisasi terkait rencana usaha PT. Tripper Nature di Desa Bungaiya.

Kegiatan sosialisasi berlangsung di Ruang Rapat Pimpinan, Kantor Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar, Selasa (29/9/2020) siang.

Sosialisasi dibuka Bupati Kepulauan Selayar, Dr. H. Asriady Sulaiman, S.IP, M.Si, didampingi Sekda Kepulauan Selayar Dr. Ir. H. Marjani Sulthan, M.Si.

Juga dihadiri pihak perusahan PT Tripper Nature,  Mr. Daniel, Wakapolres Kepulauan Selayar, Kompol Abdul Rahman, Kasi Pidum Kejari, Mirdad Apriadi Danial, SH, Pasi inteldim 1415 Selayar, Letda inf Ramoddin, Para Asisten dan Staf Ahli.

Turut hadir Kepala Dinas diantaranya Kadis PMPTSPTK, Kadis  Pertanian, Kadis Lingkungan Hidup, Beberapa Camat, Kepala BPJS Ketenaga Kerjaan Selayar, Kepala PLN unit layanan pelanggan Selayar, Kepala Desa Bungaiya dan para undangan.

Bupati Kepulauan Selayar, Dr. H. Asriady Sulaiman, S.IP, M.Si, mengatakan kepada pihak Perusahaan PT Tripper Nature agar segala dokumen terkait investasi dipersiapkan dengan rapi dan tidak ada yang dilanggar karena kemudahan berinvestasi itu lebih penting.

” Niat baik PT Tripper Nature perlu kita respon dengan baik. Namun ada beberapa catatan yang perlu menjadi perhatian diantaranya perlunya tenaga kerja dan juga peran Kepala Desa disini untuk menyampaikan pemikiran mereka ke pihak perusahan,” ucapnya.

Baca Juga:  Bawaslu Selayar Gelar Sosialisasi Tatacara Pengajuan Sengketa Proses Pemilihan 

Selain itu, yang dibutuhkan adalah kajian amdalnya, ketersediaan bahan bakunya, dan kerjasama antar Daerah juga sangat dibutuhkan dalam hal penyiapan bahan baku, dan juga untuk pemberdayaan dilevel desa dalam hal ini bumdes, kelistrikan, karena ini merupakan hal hal yang menjadi pertimbangan dan juga salah satu penunjang kawasan ekonomi khusus kedepan.

” Investasi ini relasinya jangka panjang. Namun untuk strategi singkat apalagi dimasa resesi di masa Pandemi ini tentunya yang dibutuhkan adalah kenormalan berusaha.

Lanjut dikatakan, dengan masukanya perusahaan asing yang besar yang mau berinvestasi di wilayah Selayar tentunya menjadi kebanggan Selayar.

” Terimakasih Kepala Dinas PMPTSPTK karena sudah mendatangkan perusahaan PT Tripper Nature di Wilayah Kabupaten Selayar,” Ungkapnya.

Hal senada disampaikan, Sekda Kepulauan Selayar, Dr. Ir. H. Marjani Sulthan, M.Si, bahwa Idealnya proyek ini sangat bagus karena membantu petani dan masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup dan juga membantu mengurangi pengangguran di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Baca Juga:  Sekda Selayar Ikuti Rakorwas Secara Virtual

Semoga ini tetap berkelanjutan kedepan dan Intinya bagaimana mengoptimalkan rempah rempah menjadi keunggulan kita selama ini.

” Mudah mudahan sosialisasi ini kedepan terus dikembangakan bukan hanya kepada pemerintah tapi juga kepada masyarakat supaya tidak ada miskomumikasi antara pihak pengusaha dan masyarakat,” ucap Sekda.

Sementara, Mr. Daniel, menjelaskan tujuan dan keadaan perusaahan yang akan dibangun di Selayar dalam hal ini PT Tripper Nature dan PT Original.

Dikatakannya, bahwa perusahaan kami adalah salah satu eksportir rempah rempah seperti kayu manis, Vanili, jahe, kunyit, cengkeh, pala dan lain lain di Indonesia sejak tahun 1992 dan fokus kami pasarkan di Amerika serikat.

” Semua yang kami ekspor, 90 persen ke Amerika serikat sebagian ke Jepang dan ke Eropa” ucapnya.

Selain itu, perusahaan PT Tripper Nature juga memiliki tiga pabrik diantaranya ada dibali, Jakarta dan Flores dan sama yang akan kami bangun di Selayar tepatnya di Desa Bungaiya.

” Khusus di Selayar kata Mr. Danial, akan fokus untuk membeli langsung rempah rempah dari petani yang sudah di sertifikasi seperti sertifikasi organik. Dan tentunya kami juga membangun kerjasama jangka panjang dengan petani dengan membeli bahan yang khusus yang mereka memang tidak memakai bahan kimia,” tambahnya.

Baca Juga:  Pemdes Mekar Indah Salurkan BLT Tahap III Kepada 54 KK, Berikut Penjelasannya 

Terakhir ia mengatakan, dukungan dari  Stekholder juga kami sangat butuhkan demi kelancaran usaha kami di Selayar, harap Mr. Danial.

Sementara, Ketua DPD LSM LPRI Sulsel Imran Hasan P. Patomboni dalam tanggapannya terkait kehadiran PT. Tripper Nature sebagai Investor meminta kepada investor kiranya seluruh tenaga kerja yang ada agar dapat terdaftar di BPJS ketenagakerjaan.

” Ratusan pohon kelapa yang ada di lahan tersebut, diberikan ganti rugi, begitupula dengan keberadaan kuburan tua yang ada di lokasi tersebut agar tetap di jaga.

Selain itu ia juga meminta agar para warga setempat atau nelayan yang mau pergi melaut di berikan askes jalanan serta limbah pabrik tetap di perhatikan.

Terakhir Imran juga sangat mengapresiasi Pemaparan dari mr Daniel dan semoga dengan keberadaan investor asing, selayar bisa tambah maju dan Berkembang ke depan, ujar Imran. (Sya)

Editor : Syahrul

By Syahrul

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: