Selayar, Infowarga.id – Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM (Disperindagkum) Kabupaten Kepulauan Selayar salurkan bantuan Dana stimulus berupa penguatan modal bagi pelaku usaha mikro,pedagang pasar, jasa lainnya yang terdampak Corona virus Disease 2019 sebanyak 2015 kepala keluarga yang tersebar di 11 kecamatan.

Demikian disampaikan Kepala Disperindagkum Kabupaten Kepulauan Selayar, Drs. Hizbullah Kamaruddin saat ditemui awak media di ruang kerjanya, senin (13/7/2020).

Dikatakannya, bahwa penerima bantuan Dana stimulus berupa penguatan modal bagi pelaku usaha mikro,pedagang pasar, jasa lainnya yang terdampak covid-19 itu sebanyak 2015 kepala keluarga.

“Yang sudah tersalurkan sebanyak 1729 KK, sisa 286 KK, jadi sekitar 86 persen yang sudah tersalurkan,” ucapnya.

Lanjut dikatakan, adapun Dana stimulus yang ditangani oleh Disperindagkum sebanyak 3.627.000.000 dan sebesar 1.800.000 ribu rupiah yang akan diterima per KKnya.

Baca Juga:  Tim Gabungan TNI - Polri dan Satpol PP Tetap Semangat Operasi Yustisi 

” Ia sebanyak 600.000 ribu perbulan selama 3 bulan mulai dari april hingga juni tapi karena pencairan juni,sehingga penerima akan menerima sekaligus sebesar 1.800.000 ribu rupiah, jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa penyaluran bantuan Dana stimulus ini sebagian besar sudah disalurkan dibeberapa kecamatan daratan dan sisanya yang belum tersalurkan itu dikecamatan kepulauan. Olehnya itu kita upayakan di bulan Juli ini kalau cuaca membaik, kita akan keluar di lima kecamatan kepulauan untuk menyalurkan bantuan tersebut.

Bantuan ini merupakan program nasional mengenai percepatan penanganan covid-19.

Dan ada tiga penanganan percepatan penanganan Covid- 19, yakni penanganan mengenai masalah kesehatannya, jaring pengaman sosial dan pemulihan ekonomi.

Baca Juga:  Begini Tanggapan Kades di Kayuadi Terhadap Warganya yang Batal Dapat BLT

” Khusus untuk di OPD kami itu dipercayakan untuk melakukan kegiatan atau program yang kaitannya dengan pemulihan ekonomi, sehingga untuk pemulihan ekonomi itu juga ada berbagai macam diantaranya, pemulihan ekonomi pengurangan pajak keringanan pajak, bantuan sembako dan ada juga bantuan dana stimulus untuk modal usaha bagi para pelaku usaha,” tandasnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, semoga dengan adanya bantuan ini aktifitas dari pelaku usaha bisa berjalan kembali karena kita lihat sendiri bagaimna kondisi dimasyarakat, karena ada beberapa jenis usaha yang memang sama sekali tidak jalan pada saat itu.

“Dengan sedikit pengetatan pada saat itu seperti misalnya rumah makan, warung kopi dan beberapa pedagang kaki lima, itu tidak jalan sama sekali dan kalau pun ada yang jalan saat itu, omset yang ia terima selama ini mungkin sekian, itu turun drastis pemasukannya hanya sampai 25 atau 30 persen kalaupun ada yang jalan,” imbuhnya.

Baca Juga:  Hari ini, Desa Pamatata Salurkan BLT Tahap II Penyaluran ke V Kepada Penerima Manfaat

Mengakhiri keterangannya ia berharap dengan adanya sedikit pelonggaran saat ini dan tetap memperhatikan protokol kesehatan, dan dengan adanya bantuan ini walaupun tidak seberapa besar tapi setidaknya cukup berarti untuk masa sekarang ditengah kondisi seperti ini paling tidak ada yang bisa mereka  manfaatkan, ujar Hizbullah Kadis Perindagkum Selayar (Sya)

Editor : Syahrul

By Syahrul

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: