Desa Harapan salurkan Bantuan langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahap pertama kepada 193 KK Penerima manfaat di kantor Desa Harapan Kecamatan Bontosikuyu kabupaten kepulauan Selayar Kamis(21/5/2020) Pagi.

Hadir dalam kegiatan penyaluran BLT DD di Desa Harapan, Camat Bontosikuyu Drs.Muhammad Aris,Kepala Desa Harapan Arman, Ketua dan Anggota BPD,Kepala Dusun, Perangkat Desa,Bhabinkamtibmas,Babinsa dan para relawan Covid-19,dan para penerima manfaat.

Kepala Desa Harapan, Arman mengatakan bahwa penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Desa Harapan sebanyak 193 KK penerima manfaat.

Penerima BLT-DD di Desa Harapan yang  terdiri 8 Dusun diantaranya Dusun Bontoala 36 KK,Pariangan selatan 25 KK,Balang boddong 11 KK, Balang kajeng 24 KK, Siholung 24 KK,Balla Bulo 24 KK, lopi lopi 30 KK, Dodaiya 19 KK,” ucapnya.

Baca Juga:  Sebelum Kampanye, Basli Ali Tinjau Progres Pengaspalan Jalan Hotmix di Jampea

Lanjut ia mengatakan bahwa penyaluran BLT DD ini selama 3 periode yakni pada bulan April hingga juni.Dan pada tahap pertama ini jumlah yang diterima sebesar 600.000 sehingga jumlah keseluruhan yang akan diterima oleh penerima manfaat BLT DD sebesar 1.800.000.

Selain BLT ada juga penerima Bantuan Sosial Tunai(BST)dari pusat yang jumlah penerimanya sebanyak 169 KK dan akan disalurkan setelah lebaran tapi penyalurannya melalui pos menurut informasi dari dinas sosial,” katanya.

Selain itu kata Arman terkait BLT DD bahwa masih ada bantuan lanjutan tahap kedua dan aturannya dari pusat dan ini juga BLT DD.

Baca Juga:  Kasat Reskrim Polres Selayar Paparkan Program Kerja Kedepan

Dirapat kemarin atau putusan dari pemerintah bahwa penerima BLT cuman 3 bulan dalam satu tahun. Tapi ada tambahan tahap ke dua yakni dibulan Juli hingga september,cuman bedanya dari BLT DD tahap April hingga Juni penerima menerima sebasar 600.000 perbulan sedangkan pada tahap Juli hingga September penerima menerima sebesar 300.000 ribu perbulannya.

Jadi BLT periode April hingga Juni sebesar 600.000 perbulan dan akan diterima selama periode tersebut sebesar 1.800.000.Dan BLT periode Juli hingga September sebesar 300.000 perbulan dan selama periode tersebut sebesar 900.000,” terang Arman.

Mengakhiri keteranganya ia menegaskan kembali  bahwa penerima BLT itu, sudah ada kriterianya yakni  masyarakat yang ekonominya rendah dan terdampak covid -19,bukan penerima bantuan lain Seperti penerima  Program keluarga Harapan (PKH) Bantuan pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan sosial Tunai(BST).

Baca Juga:  Cegah Covid - 19, Dinkes Selayar dan Sulsel Kompak Kampanye Germas 

Saya berharap mudah mudahan  bantuan yang diberikan ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik baiknya setidaknya bisa meringankan beban masyarakat terutama masyarakat yang terkena dampak pandemi ini,” tutup Arman Kades Harapan.

Dari pantauan awak media Penyerahan BLT DD diserahkan secara Simbolis oleh Camat Bontosikuyu kepada kepala Desa untuk segera disalurkan ke para penerima manfaat. (Sya)

Editor: Syahrul

By Syahrul

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: