Selayar, infowarga.id – Desa Lambego salurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) di kantor Desa lambego kecamatan Pasimarannu kabupaten kepulauan Selayar, Senin (18/5/20).

Kepala Desa lambego Mashuddin mengatakan bahwa kegiatan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada masyarkat yang terdampak covid 19 sebanyak 146 KK. Untuk itu, Mashuddin berharap kepada kepala BPD, kepala Dusun dan unsur terkait yang ada di Desa agar sama sama menyaksikan sekaligus mengawal pelaksanaan kegiatan ini.

“Mari kita kawal kegiatan BLT-DD ini dengan sungguh sungguh sehingga apa yang kita laksanakan bisa kita pertanggung jawabkan,” capnya.

Lanjut ia mengatakan bahwa BLT-DD di Desa Lambego akan di salurkan sesuai dengan data yang ada yaitu sebanyak 146 KK. Tetapi dalam pelaksanaanya jikalau terjadi perubahan perubahan tetap kita koordinasikan dengan camat, pendamping dan semua unsur yang terkait.

Baca Juga:  Ukir Sejarah Baru, Pemdes Laiyolo Rayakan Puncak HUT RI ke 75 di Bawah Laut

“Jadi aturan BLT-DD yang bersumber dari Dana Desa penerimanya adalah mereka yang  berhak menerima dan itu sudah ada kriteria kriterianya seperti masyarakat miskin yang terdampak covid-19. Bukan PNS, tenaga kontrak pemerintah atau swasta, kepala desa dan perangkatnya, serta bukan anggota BPD.

Selain itu kata Mashuddin Penerima tersebut juga bukan masyarakat yang penerima Program Keluarga Harapan (PKH), dan Penerima Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), serta Penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) yang sumbernya berasal dari dinas sosial,” tandasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa penerima BLT-DD di Desa Lambego sebanyak 146 KK dan sebelumnya sudah di musyawarahkan melalui musyawarah khusus pada tanggal 13 Mei tahun 2020 yang dihadiri oleh Camat Pasimarannu, Para Pendamping Desa, Bhabinkamtibmas, Anggota BPD, Relawan dan unsur unsur yang terkait di Desa.

Baca Juga:  Yakin Akan Data dan Fakta, Warga Tambolongan Siap Menangkan BAS

Olehnya itu mendasari hasil rapat tersebut, kita sudah menyusun peraturan Kepala Desa nomor 2 tahun 2020 tanggal 14 Mei 2020. Dan nama nama yang masuk dalam Bantuan Langsung Tunai Dana Desa(BLT-DD) di Desa lambego itu sudah termasuk dalam peraturan itu,” tandasnya.

Selain itu kata Mashuddin ia juga sudah melaporkan dan menyampaikan ke Bupati kepulauan Selayar melalui Camat untuk disahkan.

“Dan tadi kami sudah konfirmasi dan pak camat bilang kepada saya bahwa itu sudah disahakan,” tutur Mashuddin.

Dengan demikian mulai hari ini senin (18/5) kita sudah melaksanakan kegiatan penyaluran BLT-DD tahap pertama, sesuai dengan instruksi tersebut dan sebelum tanggal 24 sudah tersalur tahap pertama.

“Bantuan langsung tunai Dana Desa yang diterima oleh masyarakat dalam keadaan utuh sesuai yang disampaikan oleh presiden RI Joko Widodo sebesar Rp. 600.000 dan akan diterima selama 3 bulan yakni periode bulan April sampai dengan bulan Juni 2020. Jadi jumlah yang akan diterima penerima BLT-DD sebanyak 1.800.000 selama periode tersebut. ujarnya.

Baca Juga:  Prof Akbar Silo : Pasangan BAS Berpeluang dan Lebih Baik

Mengakhiri keteranganya, ia berharap dengan penyaluran BLT-DD, ini kiranya masyarakat betul betul bisa mengerti dan tidak ada kendala atau masalah dalam pelaksanaan kegiatan ini.

“Mari kita berdoa meminta kepada Allah SWT agar musibah ini cepat berlalu dan kita kembali dalam kehidupan yang normal Insya Allah,” harap Mashuddin Kades Lambego.

Sekedar diinformasikan bahwa Desa Lambego jadi penyaluran BLT-Dana Desa pertama di kecamatan Pasimarannu. (#*#)

By admin

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: